8 Software Gratis yang Harus Dipunyai di Netbook

   Untuk aplikasi netbook, anda juga perlu memilih aplikasi yang tepat agar sesuai spesifikasi netbook yang terbatas.8 Software Gratis yang Harus Dipunyai di Netbook8 software gratis yang harus dipunyai di netbook, antara lain: antivirus, Media Player, e-mail Client, pengolah citra, web browser, Office Suite, Photo Viewer, PDF Viewer, dan Instant Messenger.

Berikut adalah beberapa pilihan aplikasi yang cukup ringan untuk dijalankan di netbook.

1. AVG Anti-virus Free Edition

Sebagai peranti yang akan sering berhubungan dengan internet, maka antvirus merupakan perlengakapan wajib yang harus terinstal di netbook. Salah satu antivirus yang cocok untuk spesifikasi netbook dengan sistem operasi Windows adalah AVG. Versi terbarunya 9.0 anda dapat men-download-nya secara gratis di www.avg.com/id.id/antivirus-gratis

2. VLC Media Player

Jika anda sering mengalami masalah codec dengan Windows Media Player, mungkin sebaiknya anda beralih ke VLV Media Player  yang lebih ringan. Aplikasi ini hanya berukuran 116 KB dan telah memiliki fungsi-fungsi dasar video player.

3. Offline GMail.

Seperti namanya, GMail Offline memungkinkan kita untuk mengakses e-mail melalui Google Cache, sehingga meskipun tidak terkoneksi dengan internet, kita tetap dapat mengakses account GMail. Kita akan dapat langsung mengirim atau menerima segera, setelah terkoneksi dengan internet.

4. GIMP

Jika anda membutuhkan aplikasi untuk peolahan citra netbook, GIMP adalah aplikasi yang paling sesuai. Walaupun  tidak terlalu ideal untuk dijalankan di netbook (karena terbatasnya resolusi monitor dan sumber daya netbook), namun GIMP cukup dapat diandalkan untuk mengolah gambar di netbook.

5. Chrome atau Firefox

Untuk browser, anda dapat menggunakan Google Chrome atau Firefox. penambahan ekstensi untuk perluasan fungsi browser juga dapat diberikan, sejauh tidak menjadikan jalannya browser menjadi lambat.

6. Foxit Reader

Untuk membaca file PDF, gunakan Foxit Reader ketimbang Adobe PDF yang membutuhkan banyak sumber daya CPU, Foxit Reader, selain ringan, juga berukuran tidak terlalu besar (6 MB). Versi terbaru dari Foxit Reader dapat di-download di www.foxitsoftware.com/pdf/reader/

7. Open Office.org

Umumnya, jika sistem operasi pada netbook adalah Windows, anda akan mendapatkan versi trial dari MS Office. Setelah versi trial expired, anda diwajibkan membeli aplikasi tersebut. Jika anda ingin mendapatkan aplikasi office yang gratis, Open Office.org dapat dipertimbangkan sebagai pilihan . Versi terakhir dari Open Office adalah 3.0

8. Digsby

Netbook tidak menawarkan banyak space untuk menjalankan berbagai aplikasi instan messenger. Dengan menggunakan Digsby, akan dimungkinkan untuk mengelola berbabagai account instan messenger, seperti Facebook Chat, Google Talk, ICQ, Jabber, Windows Live Messenger, dan Yahoo! Messenger dalam satu aplikasi. Selain itu, Digsby juga dapat berfungsi sebagai e-mail notification.

Bermain Game?

Walaupun didesain bukan untuk menjalankan game, namun bukan berarti bermain game  tidak dapat dilakukan di netbook. Beberapa game klasik yang asik untuk dimainkan dinetbook, antara lain:
- Transformice di www.transformice.com/en/
- Crayon Physics Deluxe di www.crayonphysics.com/
- Constantine di www.gamespot.com/pclaction/constantine/index.html
- Wizard101 - Help save Wizard city! di http://wizard101.com
- Battle for Wesnoth di http://wiki.wesnoth.org/Download#Stable.281.8_branch.29

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/IPad
              www.brighthub.com/computing/hardware/topics/mobilecomputing.aspx?pageIndex=2

8 komentar:

  1. Sumatra PDF lebih ringan lagi dari Foxit Reader, fiturnya juga hampir sama..

    BalasHapus