Tips Agar Terlatih Untuk Berbicara Didepan Umum/Audiens

Untuk sebagian orang berbicara didepan umum atau orang banyak ...terkadang sangatlah menakutkan,ini disebabkan berbagai hal,mungkin karena gugup,malu atau ketidaksiapan pada diri sendiri .
Padahal berbicara didepan umum seperti ini dapat dilatih untuk menghilangkan rasa gugup dan takut, karena berbicara didepan umum adalah salah satu kemampuan yang sangat diperlukan oleh orang-orang yang ingin menjadi pemimpin atau figur publik...

Dan bagi anda yang selama ini mengalami kesulitan dalam berbicara dimuka umum, dapat melihat beberapa tips dibawah ini untuk berlatih, agar mendapatkan kepercayaan
diri dalam menghadapi orang banyak..

1. Membiasakan Diri Berbicara Denagn Baik / Formal

Mulailah berbicara secara formal dan mulai kurangi berbicara gaya bebas dan lepas dilingkungan kerja dan bisnis anda.Semakin sering anda berbicara secara baik dan benar,semakin anda siap untuk tampil dimuka umum. Rajin-rajinlah buku, majalah, koran atau internet untuk menambah wawasan anda.

2.Sering latihan didepan cermin atau kaca.

Lihat diri anada sendiri saat anda berbicara agar dapat memperbaiki kesalahan dan kekurangan yang ada dari mulai kata-kata,ekspresi wajah hingga posisi tubuh saat berbicara.Latihan bicara dapat menggunakan topik-topik sambutan suatu acara, pura-pura menjadi reporter, ceramah agama, menjadi guru, mc, dan lain-lain.

3. Berusaha Untuk Mempraktekannya.

Dapat dimulai dari forum-forum kecil dengan membiasakan memberikan tanggapan, pendapat atau pertannyaan saat ada kesempatan. Setelah terbiasa dan mulai menguasai, anda dapat mempraktekannya diforum-forum atau acara yang lebih besar.

4. Belajar Menjawab Pertanyaan

Mungkin saja suatu saat anda diharapkan menjadi seorang nara sumber atau tiba-tiba ada yang interupsi saat anda bicara, maka latih diri anda untuk siap menerima pertanyaan dengan melatih diri membuat pertanyaan dalam berbagai tingkat kesulitan dan menjawabnya.

5. Gunakan Gaya Anda Sendiri

Berbicara didepan umum tidak harus meniru apa yang telah menjadi standar baku, tetapi anda dapat menggunakan gaya anda sendiri selama tidak aneh dan menjadi bahan tertawaan dan olokan orang lain.

6. Berbicara Secara Terstruktur

Sebelum anda mahir, sebaiknya sebelum latihan anda rajin-rajin mempelajari penampilan orang lain yang sudah ahli dan lihat bagaimana struktur pembicaraannya. Mulai dari pembuka, penghormatan, inti pembicaraan dan ucapan terima kasih, menjawab pertanyaan,kesimpulan, penutup ,dan lain-lain.Berbicara didepan umum sebaiknya terstruktur dalam rangka yang baik.

Semoga postingan ini memberikan manfaat yang baik bagi anda semua,dan bila ada kesalahan saya mohon maaf, dan terima kasih telah mengunjungi blog saya.

Sumber: organisasi.org

0 komentar:

Posting Komentar