Panduan Memilih Netbook

Panduan memilih Netbook. Dengan semakin banyaknya ragam netbook yang ditawarkan dipasaran, mungkin akan membuat anda bingung dalam memilih netbook yang tepat. Namun, anda dapat memperhatikan beberapa panduan dasar dalam memilih netbook:

  • Processor
Untuk processor, anda dapat memilih seri terbaru. Seri terbaru processor, memastikan bahwa anda dapat menikmati clock speed yang lebih tinggi atau dukungan instruction set yang lebih lengkap. Seperti Intel Atom D5xx, dapat mendukung instruction set 64-bit, serta memiliki grapich processor yang terintregrasi dengan CPU.
  • Memory
Jumlah memory yang ideal untuk menjalankan sistem operasi seperti Windows XP atau Linux dengan stabil adalah 1 GB. Namun, anda bisa memilih netbook dengan memory 2 GB atau 4 GB, jika memang membutuhkan kinerja yang lebih cepat dan stabil.

  • Harddisk.
Netbook merupakan perangkat portabel yang rentan terhadap goncangan. Untuk harddisk biasa, memang cenderung memiliki kapasitas yang besar. Namun untuk harddisk yang lebih tahan terhadap goncangan, anda dapat memilih harddisk dengan tipe SSD (Solid State Drive).Tapi karena dengan segala kelebihan tipe SSD, maka harddisk tersebut menjadi lebih mahal ketimbang harddisk biasa.

  • Jumlah Port
Interaksi dengan berbagai perangkat eksternal, seperti MP3 player, iPOD, kamera digital, printer, scanner atau eksternal monitor saat ini, akan membutuhkan koneksi port USB atau VGA. Semakin banyak jumlah port yang dimiliki , maka akan semakin banyak pula perangkat eksternal yang dapat ditangani.

  • Sistem Operasi
Sistem operasi yang ideal untuk digunakan dinetbook adalah sistem operasi yang tidak terlalu banyak menghabiskan sumber daya CPU. Untuk sistem operasi Linux, anda dapat menggunakan Ubuntu Netbook edition, yang memang dioptimasi untuk dijalankan pada netbook dengan processor Intel Atom. Aplikasi standar untuk Ubuntu Netbook edition ini adalah web browser (Firefox), e-mail anda dapat menggunakan Windows XP Home Edition atau Windows 7.

Nah itulah beberapa panduan dalam memilih netbook, dan karena netbook bukanlah tipe komputer yang didesain untuk mengerjakan tugas-tugas berat, maka kita harus tahu  Tip Menggunakan Netbook

0 komentar:

Posting Komentar